UGM Borong 17 Medali dari ON MIPA 2016

Prestasi gemilang kembali ditorehkan oleh mahasiswa UGM. Kali ini, prestasi tersebut disumbangkan oleh kontingen UGM yang berlaga di Olimpiade Nasional MIPA. Dalam acara yang diselenggarakan tanggal 23 – 26 Mei 2016 tersebut kontingen UGM yang terdiri dari 25 mahasiswa berhasil membawa pulang 17 medali. Jumlah tersebut terdiri dari 2 medali emas, 6 perak, dan 7 perunggu ditambah 2 honourable mention (HM). Dua medali emas UGM disumbangkan oleh M. Roihan Munajih dari bidang Kimia dan I Putu Aditio dari bidang Biologi. Adapun medali perak disumbangkan oleh Kurniawan (fisika), Willy Sumarno, Riky Kurniawan, Garry Ariel (matematika), Thomas Edison P. (kimia), Maria Patricia (biologi). Medali perunggu disabet oleh Mu’amar M.N., Resita S.W. (matematika), Eddy Kurniawan, Asedio, S.G. (fisika), Arif Cahyo, M. Fernadi L. (kimia), dan Parangeni Muhammad (biologi). Dua HM berhasil dibawa pulang oleh Alzimna, B.U. (matematika) dan Hana F.H. (biologi). Direktur Kemahasiswaan UGM, Dr. Drs. Senawi, M.P., mengaku gembira dengan apa yang telah dicapai kontingen UGM di ajang tersebut karena telah mampu melampaui target yang diberikan.

“Tahun 2016 Kontingen ON MIPA UGM berjumlah 25 mahasiswa dan berhasil mengumpulkan 17 medali. Prestasi tahun ini lebih baik dari prestasi pada tahun 2015 dengan total 14 medali. Atas nama Pimpinan Universitas kami menyampaikan selamat dan terima kasih kepada segenap mahasiswa, para dosen pembina, segenap Pimpinan Unit, dan para pihak yang telah berkontribusi atas keberhasilan ini,” tutur  Senawi.

Meskipun telah berhasil menggapai prestasi yang gemilang, Senawi berpesan kepada seluruh tim agar tetap rendah hati dan menjaga kesantunan. Menurutnya, mahasiswa harus memiliki keterampilan hidup yang utuh. “Saya berpesan kepada para jawara ON MIPA, tetaplah santun dan belajarlah ipteks secara komprehensif. Milikilah kecerdasan intelektual, emosional, spiritual, dan sosial secara komprehensif. Milikilah ketrampilan hidup secara baik dan utuh!” tegas Senawi.

Menanggapi kesuksesan tersebut, Kasubdit Kreativitas Mahasiswa, Ahmad Agus Setiawan, M.Sc., Ph.D., menggarisbawahi peran pembinaan dan persiapan yang telah dilakukan selama ini. Menurutnya, hasil yang diperoleh saat ini merupakan hasil dari kerja keras semua pihak yang telah berupaya sebaik mungkin untuk memberikan pembinaan yang terstruktur.

“Proses yang kita lakukan sudah berlangsung sejak akhir tahun lalu, mulai dari pembentukan komunitas ON-MIPA, seleksi internal, dan berbagai pembinaan. Hasil kemarin merupakan bonus yang kita dapatkan berkat upaya keras dari berbagai pihak dalam melakukan pembinaan,” jelas Agus.

Agus menambahkan, ada hal positif lain yang dipetik dari ON MIPA tahun ini yaitu munculnya bibit-bibit baru dalam tim UGM yang memiliki masa depan yang masih panjang dalam kompetisi tersebut di tahun-tahun mendatang.

“Dari total 25 anggota kontingen ON MIPA UGM tahun ini, 12 diantaranya adalah   mahasiswa angkatan 2014 dan 2015 dan hebatnya dua peraih emas dari UGM sama-sama berasal dari angkatan 2015.  Hal itu menjadi indikasi positif bahwa tim ini mempunyai potensi besar untuk terus berkembang di tahun-tahun mendatang,” tutup Agus.

 

(Sumber : http://kreativitas.ugm.ac.id/site/?p=1610)

Leave a Reply

Your email address will not be published.