KOMUNITAS ON MIPA GELAR PELATIHAN PRASELEKSI

Guna membekali mahasiswa jelang seleksi Olimpiade Nasional MIPA (ON MIPA) tingkat universitas, komunitas ON-MIPA UGM gelar pelatihan praseleksi. Pelatihan dilakukan selama enam kali, yaitu pada tanggal 5, 11, 12, 18, 19, dan 25 Februari 2017 mulai pukul 08.00 hingga 12.00 WIB. Pemateri pada pelatihan yang digelar di gedung C lantai 1 Fakultas MIPA tersebut adalah para ‘jagoan’ UGM pada kompetisi ON MIPA di tahun sebelumnya.

“Pelatihan ini diisi oleh veteran dan alumni yg pernah berkiprah di ONMIPA, yang bertujuan untuk mengenalkan dan menyiapkan mahasiswa UGM yang ingin mengikuti seleksi tingkat universitas ON MIPA UGM yang akan dilaksanakan pada tanggal 26 Februari 2017,” jelas Roihan Munajih, ketua komunitas ON MIPA UGM.

Roihan menambahkan antusiasme peserta pelatihan cukup tinggi. Setiap pelatihan dihadiri oleh minimal 80 mahasiswa yang terbagi dalam empat kelas, matematika, fisika, kimia, dan biologi. “Mereka mendapatkan materi berupa tema-tema yang selalu diujikan dalam olimpiade beserta kiat-kiat mengerjakannya,” terang peraih medali emas bidang kimia ON MIPA tahun 2016 itu.

ON MIPA merupakan kompetisi tahunan yang diselenggarakan oleh Kemenristekdikti. Ada dua tahapan dalam ON MIPA, yakni tingkat kopertis dan nasional. Mulai tahun lalu, di UGM diselenggarakan pelatihan praseleksi dan seleksi tingkat universitas untuk memilih tujuh mahasiswa terbaik di masing-masing bidang untuk berkompetisi di tingkat kopertis. Seperti tahun sebelumnya, tahun ini seleksi kembali dilakukan di Fakultas Hukum minggu depan.

“Tidak hanya pelatihan praseleksi dan seleksi tingkat universitas, kami juga akan memberikan pascaseleksi di masing-masing level kompetisi. Harapan kami tahun ini UGM bisa meraih juara umum di ON MIPA nasional dan semoga juga bisa berprestasi di level internasional,” kata Kasubdit Kreativitas Mahasiswa, Ahmad Agus Setiawan, S.T., M.Sc., Ph.D.

 

(Sumber : http://kreativitas.ugm.ac.id/site/?p=3577)

Leave a Reply

Your email address will not be published.