UGM KIRIM 28 MAHASISWA BERKOMPETISI DI ON-MIPA TINGKAT REGIONAL

UGM mengirim 28 mahasiswa terbaiknya mengikuti kompetisi Olimpiade Nasional MIPA (ON-MIPA) di tingkat regional, Rabu (22/3) hingga Kamis (23/3). Mereka merupakan mahasiswa yang terpilih sebagai tujuh terbaik di masing-masing bidang lomba pada seleksi tingkat universitas pada Minggu (26/2) lalu. Bertempat di aula Museum Monumen Pangeran Diponegoro, Yogyakarta, delegasi UGM tersebut harus bersaing dengan 392 peserta lain dari 22 institusi di wilayah kopertis V. Rinciannya, 109 peserta di bidang matematika, 78 peserta di bidang fisika, 84 peserta di bidang kimia, dan 121 peserta di bidang biologi.

“Mereka adalah tujuh mahasiswa terbaik di masing-masing bidang yang telah terseleksi dengan sangat ketat di tingkat universitas bulan lalu. Tidak hanya itu, sebelum mengikuti seleksi di tingkat wilayah mereka juga dibekali beberapa kali pelatihan dosen pakar di bidang masing-masing,” jelas Kasubdit Kreativitas Mahasiswa, Ahmad Agus Setiawan, S.T., M.Sc., Ph.D.

Delegasi UGM di bidang matematika adalah Mu’amar Musa Nurwigantara, Garry Ariel, Ricky The Ising, Muhammad Ihsan, Mufti Al Ummam, Resita Sri Wahyuni, dan Alzimna Badril Umam. Semua nama tersebut terdaftar sebagai mahasiswa Fakultas MIPA. Adapun di bidang Fisika, ada Kurniawan (Fakultas Teknik), Juhri Hendrawan, Metias Apul Abraham, Sinta Ayu Sakinah, Arifin Achmad, Haryanto, dan Rizky Ananda (Fakultas MIPA).

Di bidang Kimia, yang berhak mewakili UGM di tingkat regional adalah Yudha Ramanda, Faizal Aziz, Ali Bahri Lubis, Hendra, Ma’ruf Hasan (Fakultas MIPA), Nadia Khairunnisa F. (Fakultas Farmasi, dan Regina Rachel Gunawan (Fakultas Kedokteran). Terakhir, di bidang Biologi tercatat Anang Rizki Muharrom (Teknik), Roihan Mohamad Iqbal, Maria Patricia Inggriani, Hana Fauzyyah Hanifin, Pratiwi Indah Sayekti (Fakultas Kedokteran), Ahmad Ardi, dan Helen Eko Putro (Biologi), sebagai tujuh terbaik.

“Kita semua berharap 28 nama yang menjadi delegasi UGM tersebut berhasil lolos ke tingkat nasional dan berhasil menjadi juara. Selain mereka, kita juga memiliki dua nama lain yang lolos langsung ke tingkat nasional setelah berhasil menjadi juara II di OSN Pertamina. Semoga tahun ini UGM bisa menjadi juara umum,” imbuh Agus.

Tahun lalu UGM menjadi salah satu kontingen terbesar ON-MIPA di tingkat nasional dengan 24 mahasiswa. Jumlah itu terdiri dari masing-masing 7 mahasiswa di bidang matematika dan kimia, 6 mahasiswa di bidang biologi, dan 4 mahasiswa di bidang fisika. Hasilnya, UGM berhasil meraih 2 medali emas, 6 perak, dan 7 perunggu ditambah 2 honourable mention. (krm/tm)

 

(Sumber : http://kreativitas.ugm.ac.id/site/?p=3994)

Leave a Reply

Your email address will not be published.