UGM Borong Medali di ON MIPA-PT 2013

Sekali lagi mahasiswa UGM berjaya pada kompetisi nasional, yaitu Olimpiade Nasional Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Perguruan Tinggi (ON MIPA-PT) tahun 2013 untuk Bidang Biologi. Pada babak final yang dilaksanakan Rabu-Sabtu, 29 Mei-1 Juni 2013 di Hotel Inna Garuda Yogyakarta, dari 6 mahasiswa, yaitu Astia Rizki Safitri, Abrory Agus Cahya Pramana, Matin Nuhamunada, Rudi Nirwantono, dan Ali Muharom, serta Ahmad Sukron, 5 diantaranya memperoleh prestasi membanggakan.

Tim Perwakilan Bidang Biologi UGM memperoleh 2 medali emas (Astia Rizki Safitri dan Rudi Nirwantono dari Fakultas Biologi), 1 medali perak (Matin Nuhamunada dari Fakultas Biologi) dan 2 Honorable Mantion (Ali Muharom dari Fakultas Biologi dan Ahmad Sukron dari Fakultas Pertanian).

“Saya rasa prestasi mulai dari lolos seleksi tingkat wilayah hingga merajai  ON MIPA-PT tahun 2013 tersebut merupakan bukti bahwa kita juga mempunyai kualitas yang unggul,’papar Rudi Nirwantono, Rabu (12/6).

Mahasiswa Fakultas Biologi angkatan 2010 ini mengatakan pada babak final kemarin mereka menyisihkan 63 peserta  dari 26 perguruan tinggi se-Indonesia. Rudi menjelaskan sebelum masuk babak final mereka harus lolos seleksi di tingkat universitas serta Kopertis terlebih dulu.

Di babak final mereka harus mengerjakan sejumlah soal esai yang meliputi beberapa topik, seperti genetika, Biologi cell dan molekuler, tumbuhan dan hewan, mikrobiologi, ekologi dan etologi.

“Cukup sulit karena analisisnya cukup mendalam. Beda jauh jika dibandingkan waktu seleksi di tingkat Kopertis,”imbuh Rudi.

Ia menjelaskan prestasi yang diperoleh tim bidang Biologi pada ON MIPA-PT 2013 kali ini sekaligus mengulang kesukesan sebelumnya di tahun 2011 dan 2012.

ON MIPA-PT 2013 diikuti oleh 3.279 orang mahasiswa. Selain Biologi, bidang ilmu lain yang diperlombakan, yaitu Matematika, Kimia dan Fisika (Humas UGM/Satria AN)

 

(Sumber : https://ugm.ac.id/id/berita/7902-ugm.borong.medali.di.on.mipa-pt.2013)

Leave a Reply

Your email address will not be published.