Pelatihan Menghadapi ON MIPA 2017

Untuk meningkatkan kemampuan akademik dan wawasan mahasiswa bidang MIPA, Direktorat Kemahasiswaan, Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan, Kemristekdikti, kembali menyelenggarakan Olimpiade Nasional Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Perguruan Tinggi (ON MIPA-PT) tahun 2017. Sebelum penyelenggaraan Olimpiade Nasional Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Perguruan Tinggi (ON MIPA-PT) Tahun 2017 maka akan segera dilakukan seleksi secara berjenjang.

Seleksi Tahap I dilaksanakan oleh perguruan tinggi untuk memilih 7 (tujuh) orang mahasiswa per bidang (Matematika, Fisika, Kimia, Biologi) dan hasilnya dikirim ke Kopertis wilayah masing-masing paling lambat tanggal 8 Maret 2017 untuk mengikuti seleksi Tahap II (Tingkat Wilayah). Seleksi Tahap II (Tingkat Wilayah) dilaksanakan secara serentak pada 22-23 Maret 2017 oleh Kopertis di 14 (empat belas) wilayah.

“Untuk membekali mahasiswa menuju seleksi Olimpiade Nasional MIPA (ON MIPA) tingkat universitas, komunitas ON-MIPA UGM selama enam kali menggelar pelatihan pra seleksi,”ujar  Ahmad Agus Setiawan, S.T., M.Sc., Ph.D, Kasubdit Kreativitas Mahasiswa, di Kampus UGM, Kamis (16/2).

Ahmad Agus Setiawan menjelaskan UGM mulai tahun lalu telah melakukan pelatihan pra seleksi dan seleksi tingkat universitas. Pelatihan ini untuk menyeleksi tujuh mahasiswa terbaik di masing-masing bidang untuk berkompetisi di tingkat kopertis.

“Tidak hanya pelatihan pra seleksi dan seleksi tingkat universitas, kami juga akan memberikan pasca seleksi di masing-masing level kompetisi. Harapannya, tahun ini UGM bisa meraih juara umum di ON MIPA nasional dan semoga juga bisa berprestasi di level internasional,” kata Agus.

Roihan Munajih, ketua komunitas ON MIPA UGM, mengatakan pelatihan menghadirkan para senior veteran dan alumni yang pernah berkiprah di ON MIPA. Kehadiran mereka bertujuan untuk mengenalkan dan menyiapkan mahasiswa UGM yang ingin mengikuti seleksi tingkat universitas ON MIPA UGM yang akan dilaksanakan pada 26 Februari 2017.

Roihan menambahkan pelatihan selama enam kali dilaksanakan pada 5, 11, 12, 18, 19, dan 25 Februari 2017 mulai pukul 08.00 hingga 12.00 WIB. Pelatihan yang berlangsung di gedung C lantai 1  Fakultas MIPA tersebut diisi para pemateri yang merupakan para jawara UGM pada kompetisi ON MIPA di tahun-tahun sebelumnya.

“Pelatihan ini diisi oleh veteran dan alumni yg pernah berkiprah di ON MIPA. Kegiatan ini bertujuan untuk mengenalkan dan menyiapkan mahasiswa UGM yang ingin mengikuti seleksi tingkat universitas,” terangnya.

Roihan menambahkan antusias peserta pelatihan cukup tinggi. Setiap pelatihan dihadiri minimal 80 mahasiswa yang terbagi dalam empat kelas yaitu, matematika, fisika, kimia, dan biologi.

“Mereka mendapatkan materi berupa tema-tema yang selalu diujikan dalam olimpiade beserta kiat-kiat mengerjakannya,” imbuh peraih medali emas bidang kimia ON MIPA tahun 2016 itu. (Humas UGM/ Agung)

 

(Sumber : https://ugm.ac.id/id/berita/13317-pelatihan.menghadapi.on.mipa.2017)

Leave a Reply

Your email address will not be published.