UGM ADAKAN BOOT CAMP BAGI KONTINGEN ON-MIPA

Sepekan jelang penyelenggarakan Olimpiade Nasional Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (ON-MIPA), UGM mengadakan boot camp bagi seluruh anggota kontingen UGM yang akan berlomba di ajang tersebut. Selain mengundang seluruh anggota kontingen, UGM juga mengundang seluruh pengurus komunitas ON-MIPA UGM ikut serta dalam acara itu.

Kasubdit Kreativitas Mahasiswa, Ahmad Agus Setiawan, S.T., M.Sc., Ph.D., mengungkapkan acara yang diselenggarakan selama dua hari mulai Jumat (5/5) di Hotel Taman Eden II tersebut ditujukan untuk menyiapkan mental kontingen yang akan berlomba pada tanggal 14 – 17 Mei 2017 mendatang.

“Kami berupaya sebaik-baiknya mempersiapkan mereka. Boot Camp ini merupakan puncak dari proses yang telah kita lakukan selama ini mulai dari pembinaan pra seleksi hingga seleksi tingkat regional. Ini lebih pada persiapan mental. Kalau materi saya rasa sudah cukup mengingat rentetan pembinaan yang cukup panjang,” kata Agus.

Ada tiga materi utama yang disampaikan pada acara itu. Pertama adalah pengarahan dari Direktur Kemahasiswaan UGM, Dr. Drs. Senawi, M.P. Selanjutnya adalah outbound dan ditutup dengan materi dari psikolog yang juga merupakan dosen UGM, Yuli Fajar Susetyo, S.Psi., M.Si.

Pada saat materi psikologi, peserta diminta untuk menilai diri sendiri dengan mengurutkan empat karakter yang berbeda mulai dari yang paling sesuai dengan diri mereka hingga yang paling tidak sesuai. Ada 12 soal yang diberikan untuk diurutkan. Dari aktivitas tersebut, terlihat bahwa mayoritas kontingen ON-MIPA UGM berkarakter penganalisis.

“Hasilnya persis dengan prediksi awal saya. Tipe penganalisis cenderung melakukan sesuatu berdasarkan fakta dan data, sisi negatifnya tipe ini cenderung skeptis dan sulit menerima pendapat orang lain,” jelas Yuli, “setelah tes ini saya harap masing-masing dari kalian memaksimalkan potensi kalian dan mengurangi kekurangan-kekurangannya,” lanjutnya.

Pada ON-MIPA tahun ini UGM mengirim 26 mahasiswa. Sebanyak 24 mahasiswa merupakan peserta yang lolos dari seleksi regional. Dua peserta lainnya merupakan peraih perak pada Olimpiade Sains Nasional (OSN) Pertamina yang mendapatkan tiket lolos langsung ke ON-MIPA tingkat nasional. (krm/tm)

 

(Sumber : http://kreativitas.ugm.ac.id/site/?p=4466)

Leave a Reply

Your email address will not be published.