UGM SELENGGARAKAN SOSIALISASI OSN PERTAMINA 2017 [DOWNLOAD MATERI]

Melalui Subdirektorat Kreativitas Mahasiswa, UGM menyelenggarakan sosialisasi Olimpiade Sains Nasional Pertamnia (OSN Pertamina) di Gedung Bambang Soetarso Fakultas Kedokteran UGM untuk memaksimalkan potensi mahasiswa di bidang sains. Tentu saja sosialisasi ini dilaksanakan untuk menyambut hangat olimpiade-olimpiade yang sebentar lagi akan datang.

“Saya yakin UGM memiliki sumber daya dengan potensi-potensinya yang luar biasa. Oleh karena itu sosialisasi OSN ini menjadi penting untuk membina sumber daya itu. Terlebih lagi Olimpiade Sains sudah seperti tambang medali untuk mahasis UGM tinggal menyusun strategi untuk mendapatkannya,” tutur Kasubdit Kreativitas Mahasiswa, Ahmad Agus Setiawan, S.T., M.Sc., Ph.D dalam sambutannya.

Agus juga menyampaikan bahwa dia diberi tugas oleh Wakil Rektor bidang Pendidikan, Pengajaran, dan Kemahasiswaan untuk mendampingi mahasiswa meraih prestasi gemilang di tingkat nasional dan internasional. Hal ini menandakan bahwa pimpinan universitas serius untuk mendukung kegiatan positif seperti Olimpade Sains ini.

Sosialisasi yang dilaksanakan Sabtu (16/9) menghadirkan pemateri yang merupakan veteran di dunia OSN. Pemateri tersebut adalah Ivonne Marselina Nugraha (Teknik Kimia) peraih medali emas OSN Pertamina 2015 Bidang Kimia, Faricah Hidayati (Teknik Mesin) finalis OSN Pertamina 2016 Bidang Proyek Sains, dan M. Roihan Munajih (FK) peraih medali emas ON MIPA 2016 sekaligus Ketua Komunitas ON MIPA UGM.

Ivonne menyampaikan teknis dan langkah apa saja yang harus ditempuh untuk mengikuti OSN Pertamnia. Selain itu, Ivonne juga memberikan tips dan trik untuk menjadi juara seperti mempersiapkan materi dengan matang, belajar, mengatur waktu saat pengerjaan soal, dan menyusun makalah open-ended untuk babak final. “OSN Pertamina bidang teori ini ada sesi presentasinya. Saat presentasi yang harus dicatat adalah bagaimana kita bisa mengimplementasikannya,” jelasnya. Selanjutnya adalah materi oleh Faricha di Bidang Proyek Sains, ia menekankan untuk selalu memberikan upaya terbaik, “jangan puas dengan apa yang kita kerjakan, kalau bisa memberikan yang terbaik kenapa tidak.”

“ON MIPA UGM akan terus ‘on’ menemani mahasiswa di setiap olimpiade sains, mulai dari tingkat regional bahkan internasional. Nah, kami tunggu kehadiran teman-teman semua yang hadir saat ini untuk bergabung di ON MIPA UGM untuk membuat ON MIPA terus ‘on’,” pungkas Roihan menutup sosialisasi.

DOWNLOAD MATERI DI SINI (GUNAKAN AKUN SSO UGM ANDA. JIKA MASIH GAGAL/MASIH PERLU MINTA IZIN AKSES, GUNAKAN PRIVATE WINDOW BROWSER ANDA)

 

(Sumber : http://kreativitas.ugm.ac.id/site/?p=5368)

Leave a Reply

Your email address will not be published.