MAHASISWA UGM BORONG 23 MEDALI DARI ONMIPA-PT 2017

Sebanyak 23 medali berhasil dibawa pulang dari Olimpiade Nasional MIPA Perguruan Tinggi (ONMIPA-PT) tahun 2017. Dalam kompetisi yang berlangsung tanggal 11-17 Mei 2017 tersebut, rincian medali yang berhasil diraih sebagai berikut: 2 medali emas, 5 medali perak, 10 medali perunggu, dan 6 medali honourable mention.

Medali emas berhasil diraih oleh Hana Fauzyyah Hanifin di bidang biologi dan Ricky The Ising di bidang matematika. Adapun medali perak disumbangkan oleh Gary Ariel dan Muhammad Ikhsan di bidang matematika, serta Maria Patricia, Anang Rizky Muharom, dan Pratiwi Indah di bidang Biologi.

Medali perunggu diperoleh oleh Resita Sri Wahyuni, Mufti Al Umam, Mu’ammar Musa,  Alzimna Badril Umam (bidang matematika), Kurniawan (bidang fisika), Ali Bahri Lubis, Yudha Ramanda, Regina Rachel Gunawan (bidang kimia), serta Roihan Muhammad Iqbal dan Amelia Nur Khasanah (bidang biologi). Selanjutnya medali honourable mention berhasil diraih oleh Rizky Ananda, Arifin Achmad, Juhri Hendrawan (bidang fisika), serta Faizal Aziz, Thomas Edison, dan Hendra (bidang kimia).

Capaian 23 medali ONMIPA-PT tersebut meningkat drastis dari capaian tahun tahun lalu sebanyak 17 medali. Menanggapi hasil tersebut, Kasubdit Kreataivitas Mahasiswa, Ahmad Agus Setiawan, S.T., M.Sc., Ph.D., mengaku bangga. Ia menilai hasil tersebut tidak lepas dari pembinaan yang terus-menerus yang dilakukan UGM kepada seluruh kontingen.

“Alhamdulillah. Capaian kita kali ini lebih baik dibanding tahun lalu yang baru mendapatkan 17 medali. Pembinaan sudah kita mulai sejak pra seleksi tingkat universitas sekitar bulan Februari lalu  hingga menjelang ONMIPA-PT. Kami juga mengucapkan banyak terima kasih kepada seluruh dosen pembina, serta mahasiswa yang telah berjuang hingga titik ini,” kata Agus.

Ia juga melihat adanya potensi besar di tim ON-MIPA UGM yang masih banyak diisi oleh mahasiswa-mahasiswa angkatan muda. “Ini pertanda baik bagi UGM di kompetisi ini. Kita lihat contohnya Ricky (The Ising) yang tahun ini berhasil meraih emas di keikutsertaannya yang pertama, tahun lalu Roihan (Munajih) dan Aditio juga berhasil menorehkan prestasi serupa,” pungkasnya.

Dr. Senawi, Direktur Kemahasiswaan berharap yang turut hadir dalam acara penutupan Seleksi Tingkat Nasional ON MIPA 2017, berharap tim ON MIPA terus berkembang baik dari segi kuantitas maupun kualitas.

“UGM sering menjadi kontingen yang terbanyak dalam ON MIPA ini dan Alhamdulillah senantiasa membawa banyak medali. Komitmen kami, insyaa Allah senantiasa mendukung mahasiswa untuk unjuk gigi di kancah nasional dengan memfasilitasi kebutuhan mereka dimulai dari persiapan hingga pelaksanaan kompetisi,” tutur Senawi.

Tahun ini delegasi UGM yang berhasil lolos ke nasional tersebut terdiri dari 24 mahasiswa yang terpilih dari seleksi regional. Jumlah tersebut meliputi 6 mahasiswa bidang biologi, 5 mahasiswa bidang fisika, 6 mahasiswa bidang kimia, serta 7 mahasiswa bidang matematika. Ditambah dengan 2 mahasiswa untuk berlomba di bidang biologi dan kimia yang memperoleh medali perak pada seleksi OSN Pertamina. (krm/tm)

 

(Sumber : http://kreativitas.ugm.ac.id/site/?p=4555)

Leave a Reply

Your email address will not be published.