TIGA TIM LOMBA UGM SIAP BERLAGA DI AJANG NASIONAL

Kamis (17/11), Prof. dr. Iwan Dwiprahasto, M.Med.Sc., Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan melepaskan tiga tim lomba mahasiswa untuk maju dalam berbagai laga. Ketiga tim itu, antara lain Arjuna, GamaForce, dan ON MIPA.

Arjuna, tim mobil listrik UGM, siap berlaga dalam ajang Kontes Mobil Listrik Indonesia 2016 yang diselanggarakan di Politeknik Negeri Bandung pada 18-20 November 2016 ini. Dengan mengusung mobil listrik Arjuna generasi ke 4.1 ini, tim optimis bisa mendapatkan yang terbaik.

“Tahun 2015 lalu, Arjuna berhasil mendapatkan tiga gelar, yaitu juara 2 akselerasi, juara 2 deselerasi, dan tim terbaik. Pada tahun ini, ada enam kategori yang diperlombakan. Kita mengikuti semua keenam kategori itu, yaitu uji daya tanjak, uji akselerasi, uji deselerasi, uji slalom, uji kecepatan, dan uji efisiensi. Selain itu, ada lomba non-kategori seperti presentasi dan poster terbaik, tim terbaik, rancangan konstruksi terbaik, desain terbaik, dan teknologi terbaik. Semuanya juga kita ikutkan. Kita optimis bisa membawa Arjuna 4.1 ini untuk mendapatkan gelar yang lebih baik lagi” tutur Lukman, ketua tim Arjuna.

Tim robot terbang UGM, GamaForce, juga siap untuk berlaga. Kompetisi yang akan mereka hadapi dalam waktu dekat ini adalah Kompetisi Robot Terbang Indonesia (KRTI) yang diselenggarakan di Universitas Lampung pada tanggal 23 – 26 November 2016. M. Aldika Biyanto, ketua umum Tim Gamaforce, menjelaskan pada ajang KRTI 2016, UGM mengirimkan 4 tim robot, yaitu Fiachra Aeromapper, Rasayana Racing Plane, Gadjah Mada Fighting Capter dan Aksabiantara. Aldika Biyanto menjelaskan pada ajang KRTI 2016, UGM mengirimkan 35 mahasiswa yang tergabung dalam 4 tim robot. Mereka berasal dari berbagai fakultas dan jurusan, diantaranya Fakultas Teknik, Fakultas MIPA dan Sekolah Vokasi.

Gesang Nugroho, ST., MT., Ph.D selaku dosen pembimbing, mengatakan Tim Gamaforce telah melakukan riset untuk mendapatkan hasil yang terbaik. Dengan upaya tersebut diharapkan pada ajang KRTI 2016, Tim Gamaforce mampu meraih hasil yang maksimal.

Dalam kesempatan ini juga, Prof. dr. Iwan juga melepas tim Olimpiade Nasional MIPA (ON MIPA) di Olimpiade Sains Pertamina yang diselenggarakan di Universitas Indonesia pada tanggal 19-24 November 2016. Tim ON MIPA UGM berhasil menjadi finalis di semua kategori olimpiade, kategori Teori dan kategori Proyek Sains.

“Kami bangga. UGM bangga memiliki mahasiswa dan dosen yang memiliki kreativitas tinggi. Inovasi yang berdaya guna. Kita semua berharap dan kita optimis. Kita bisa mendapatkan gelar yang terbaik,” tutur Prof. dr. Iwan.

 

(Sumber : http://kreativitas.ugm.ac.id/site/?p=2903)

Leave a Reply

Your email address will not be published.