25 Mahasiswa Mewakili UGM dalam ON-MIPA 2016

Sebanyak 25 mahasiswa UGM akan bertanding pada Olimpiade Nasional di bidang Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (ON-MIPA) yang berlangsung di Jakarta pada 23-27 Mei 2016. Pada kompetisi ini para mahasiswa UGM membawa misi untuk mendulang perolehan medali yang lebih banyak dibandingkan tahun-tahun sebelumnya.

“Tahun lalu kita sudah menunjukkan bahwa tim UGM adalah yang terbaik, bahkan hingga di tingkat internasional. Tahun ini persiapan kita lebih baik sehingga saya yakin bisa kembali mendapat kemenangan,” ujar Direktur Kemahasiswaan UGM, Dr. Senawi, M.P., saat memberikan pembekalan kepada para peserta, Jumat (20/1).

Ia menambahkan bahwa UGM terus menunjukkan komitmen untuk mendukung para mahasiswa yang berkompetisi, misalnya dengan memberikan izin khusus bagi mereka yang sedang mengikuti KKN. Selain itu, universitas juga akan memberikan insentif kepada mahasiswa yang mampu meraih prestasi, baik di tingkat nasional maupun internasional. Oleh karena itu, ia pun berharap hal ini dapat memberi motivasi bagi para mahasiswa untuk memberikan yang terbaik.

“Apabila direktorat kemahasiswaan memberi tugas atas nama universitas, maka bisa meninggalkan lokasi KKN dan tidak harus mengganti hari KKN. Kami tidak hanya ingin memberikan modal kecerdasan intelektual. Kegiatan ko-ekstrakurikuler itu juga penting kita berikan kepada mahasiswa,” tambahnya.

Dalam kesempatan ini ia berpesan agar para mahasiswa dapat saling mendukung demi membawa nama baik UGM. “Anda bukan lagi berjuang dengan membawa nama pribadi, bukan lagi berjuang membawa nama fakultas, tapi kalian berangkat membawa nama universitas. Dengan demikian melalui prestasi Anda sekalian, kita mampu menegakkan UGM menjulang tinggi karena prestasi, UGM mengakar kuat karena anda sekalian adalah harapan rakyat,” pesannya.

Kompetisi ini sendiri diadakan oleh Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan, Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi sejak 2009 lalu. Di dalamnya terdapat 4 bidang yang dilombakan, yaitu bidang matematika, fisika, kimia, serta biologi. Pada seleksi tingkat nasional ini, para peserta akan memperebutkan 3 medali emas, 5 medali perak, 7 medali perunggu, serta 5 honorable mention untuk setiap bidang.

Salah satu peserta dari UGM, Kurniawan, menyampaikan bahwa para peserta telah bertekad untuk memberikan yang terbaik, demi mengumpulkan sebanyak mungkin medali. Ia pun berpesan kepada rekan-rekannya untuk memaksimalkan kesempatan ini agar bisa meraih prestasi.

“Dari luar kesannya ini hanya lomba mengerjakan soal, tapi sebenarnya ini adalah kesempatan untuk belajar, dan untuk memperkenalkan ilmu-ilmu dasar yang sangat penting. Karena itu jangan tanggung-tanggung, tetap semangat menjalankan apa yang kita senangi, dan maksimalkan kesempatan yang ada,” ujarnya sebelum menutup pertemuan ini dengan jargon ‘ON-MIPA, Maju! UGM, Sang Juara!’ (Humas UGM/Gloria)

 

(Sumber : https://ugm.ac.id/id/berita/11715-25.mahasiswa.mewakili.ugm.dalam.on-mipa.2016)

Leave a Reply

Your email address will not be published.