UGM Boyong 4 Emas di Olimpiade MIPA

YOGYAKARTA – Kontingen UGM berhasil peroleh 4 emas, 5 perak dan 3 perunggu pada ajang di Olimpiade Nasional Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam-Perguruan Tinggi (ON MIPA-PT) 2014 tingkat nasional pada 21-25 Mei lalu di Semarang. Medali emas di bidang biologi diraih oleh Matin Nuhamunada dari Fakultas Biologi dan Ahmad Sukron dari Fakultas Teknologi Pertanian. Sementara medali Perak diraih Ali Muharom juga dari Fakultas Biologi.

Matin Nuhamuda atau biasa dipanggil Nuha mengatakan perolehan medali yang diraih UGM di olimpiade bidang biologi kali ini sama dengan jumlah medali yang diperoleh pada ON MIPA-PT tahun sebelumnya. Namun begitu, imbuhnya, kualitas materi yang diujikan pada olimpiade kali ini makin meningkat sehingga peserta harus lebih kreatif dalam memberikan analisis dan kesimpulan. “Dibanding tahun lalu, tingkat kesulitannya cukup meningkat,” kata Matin Nuhamuda, Rabu (2/7).

Nuha mencontohkan soal untuk bidang Biologi, sebagian soal yang diujikan merupakan data hasil riset. Oleh karena itu, peserta dituntut untuk dapat menganalisis dan memberikan kesimpulan dari data tersebut. “Penting setiap peserta untuk banyak mengetahui research-based learning,” katanya.

Pada kesempatan terpisah, Wakil Dekan Bidang Akademik dan Kemahasiswaan Fak. Biologi UGM, Dr. Budi Setiadi Daryono menyatakan bahwa penguasaan ilmu pengetahuan tidak lepas dari rasa ingin tahu dan semangat mahasiswa sebagai anak bangsa untuk menekuni Saintek. Menurutnya, Olimpiade MIPA ini dapat menjadi salah satu wahana bagi mahasiswa untuk menguasai bidang ilmu Saintek, serta turut berkontribusi dalam perkembangan ilmu pengetahuan di Indonesia. (Humas UGM/Gusti Grehenson)

Leave a Reply

Your email address will not be published.